Begini Caranya Agar Kita Terlindungi Dari Virus Corona

Saat ini total kasus virus Corona di Indonesia telah mencapai lebih dari 5000 kasus dan tentu saja akan terus bertambah seiring waktu apabila tidak dilakukan pencegahan lebih lanjut. 

Virus ini awalnya berasal dari negara Cina, tepatnya di kota Wuhan. Walaupun Cina merupakan tempat asalnya Virus Corona, namun siapa sangka jika saat ini, keadaan negara Cina mulai memulih seiring berjalannya waktu.

Berdasarkan WHO atau World Health Organization, Virus Corona atau Covid-19 ini merupakan virus berbahaya yang harus ditangani sejak dini. Oleh karena itu, WHO memberikan beberapa tips dan trik bagi kalian, untuk melindungi diri dari Virus Corona sekaligus memutus rantai penyebaran Virus Covid-19 ini.

Cara Melindungi Diri dari Virus Corona Berdasarkan WHO

  1. Rajin Mencuci Tangan atau Gunakan Hand Sanitizer

Ketika kalian pergi keluar rumah, pastinya tangan kalian sering menyentuh berbagai benda padat yang bisa saja benda tersebut terkontaminasi oleh Virus Corona.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan sebelumnya, Virus Corona dapat bertahan hidup di benda padat kurang lebih selama 5 hari lamanya. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kalian rajin mencuci tangan menggunakan sabun. Selain itu, WHO juga telah memberikan tata cara untuk mencuci tangan yang baik dan benar.

Namun, jika kalian tidak ingin mencuci tangan karena dianggap membuang-buang waktu, solusinya kamu bisa gunakan hand sanitizer. Hand sanitizer dipercaya dapat membunuh berbagai macam bakteri maupun virus, termasuk Virus Corona.

Cara Mencuci Tangan

  1. Membersihkan Barang yang Sering Disentuh

Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya, jika Virus Corona dapat bertahan hidup di benda padat kurang lebih selama 5 hari lamanya. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kamu sering membersihkan berbagai benda padat yang sering disentuh setiap harinya, seperti gagang pintu, tombol lampu, keyboard, ponsel, dan lainnya.

  1. Hindari Keramaian

Dengan berada di keramaian, maka resiko kalian terjangkit Virus Corona semakin tinggi. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia menyarankan kita untuk saling menjaga jarak antar orang. Tujuannya tidak lain adalah untuk memutus rantai penyebaran Virus Corona.

  1. Gunakan Masker Ketika Sakit Maupun Keluar Rumah

Ditengah wabah Virus Corona ini, masker merupakan benda yang sering dicari oleh banyak orang. Penggunaan masker sangat dianjurkan bagi kalian yang sedang mengidap gejala Virus Corona atau ketika kalian ingin keluar rumah.

Walaupun penyebaran Virus Corona tidak melalui udara, tetapi setidaknya dengan mengenakan masker ketika keluar rumah, kalian dapat meminimalisir sentuhan pada bagian hidung dan mulut kalian. Baik sentuhan dari diri sendiri maupun sentuhan dari orang lain.

  1. Jangan sering menyentuh area wajah

WHO juga pernah mengungkapkan jika penularan Virus Corona atau Covid-19 bisa melalui mata, hidung, dan mulut. Oleh karena itu, sebelum menyentuh area wajah, pastikan tangan kalian bebas dari segala macam virus maupun bakteri, caranya tidak lain adalah dengan mencuci tangan secara rutin atau minimal gunakan hand sanitizer.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai tata cara melindungi diri dari Virus Corona berdasarkan WHO. Supaya artikelnya lebih bermanfaat bagi banyak orang, kalian bisa bantu share artikel ini ke media sosial kalian.

You might also like
Article, Featured, Health

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Menu