Sering Merasa Lemas Saat Berpuasa? Perbaiki Pola Makan Dengan Mengkonsumsi Makanan Ini!

Tidak terasa sudah 2 minggu, umat Islam menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Tubuh pun sudah mulai terbiasa dengan pola makan kita, sehingga dapat menahan lapar dan dahaga dari Subuh hingga Magrib. Namun, apakah di antara kalian masih merasa tubuh sering lelah atau lesu saat berpuasa walaupun sudah makan sahur?

Kalau kalian merasa seperti itu, ada baiknya kalian memperbaiki pola makan saat sahur dan berbuka. Agar tubuh tidak mudah lemas, pastikan bahwa kalian meminum cukup air yang diperlukan oleh tubuh serta mengkonsumsi makanan yang bergizi. Makanan apa saja sih yang bisa membuat tubuh kita lebih berenergi dan tidak cepat lemas? Simak infonya berikut ini!

  1. Kurma

Nah, jenis buah yang satu ini memang sudah tidak asing lagi dan sering sekali kita jumpai ketika bulan Ramadhan tiba. Buah kurma dipercaya dapat mengganjal rasa lapar ketika sedang berpuasa. Hal ini dikarenakan buah kurma kaya akan serat. Selain itu, kurma juga memiliki 3 kandungan gula alami yang bagus untuk tubuh, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa.

Menurut anjuran Rasulullah SAW, supaya manfaat kurma bisa lebih maksimal, kurma harus dikonsumsi pada takaran ganjil, seperti 3, 7, 9, dan seterusnya.

  1. Telur

Telur memang kaya akan protein yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Menurut penelitian yang telah dilakukan, telur dipercaya dapat mengganjal lapar dalam jangka waktu yang cukup lama.

Nah, biasanya kalian akan mudah bosan ketika makan makanan yang sering dijumpai dimana-mana, seperti telur. Supaya nafsu makan kalian meningkat ketika mengonsumsi telur, kalian bisa variasikan olahan telur, seperti mengolah telur menjadi telur rebus, telur orak-arik, dadar dan lainnya

  1. Ikan

Tidak kalah dengan daftar makanan sebelumnya, ikan juga terkenal kaya akan protein yang sangat baik untuk perkembangan masa otot. Selain kaya akan protein, ikan juga mengandung berbagai nutrisi, mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan lainnya tergantung pada jenis ikan yang kalian dikonsumsi. Menambahkan lauk ikan dalam menu sahur kalian merupakan pilihan yang sangat tepat.

  1. Kacang dan Biji-bijian

Selain termasuk dalam menu diet terbaik, mengonsumsi kacang dan biji-bijian yang kaya akan protein, ketika sahur juga dipercaya dapat mengganjal rasa lapar ketika sedang berpuasa. Lalu, jenis biji-bijian apa saja yang baik untuk dikonsumsi ketika sahur? Kalian dapat mengonsumsi jenis biji-bijian apa saja, seperti almond, walnut, kacang polong asalkan dalam jumlah atau takaran takaran yang tepat dan tidak berlebihan.

 

Itulah tadi adalah daftar makanan yang sangat baik untuk kalian konsumsi ketika sahur. Selain memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, harganya pun juga sangat terjangkau dan dapat ditemukan dimana saja. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi kalian semua. Terima kasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

You might also like

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Menu