Waspadai Gejala-gejala Terkena Virus COVID 19

Berita mengenai Virus Corona kini sedang hangat-hangatnya diperbincangkan. Bahkan, berbagai berita di setiap saluran televisi membahas informasi terkini mengenai Virus Corona atau wabah penyakit COVID-19 setiap harinya.

Virus ini awalnya berasal dari negeri tirai bambu China, tepatnya di Kota Wuhan. Konon katanya, virus ini berasal dari hewan mamalia bersayap yaitu kelelawar. Walaupun Negara China merupakan pusatnya Virus Corona. Namun, siapa sangka jika saat ini keadaan Negara China mulai pulih kembali. Bahkan, tidak sedikit pula orang yang mengakui jika saat ini Negara China bebas Corona.

Walaupun demikian, Virus Corona tetap memberikan dampak yang sangat buruk bagi banyak orang, bahkan berbagai negara belahan dunia juga terkena imbasnya, seperti negara Amerika, Italia, Spanyol, Jerman, termasuk Indonesia.

Jika kita lihat kembali, total kasus Virus Corona di Indonesia telah mencapai lebih dari 12.000 kasus. Tentu saja, hal ini tidak boleh disepelekan begitu saja, karena Virus Corona sendiri merupakan salah satu virus mematikan yang dapat mengakibatkan penderitanya mengalami gangguan pernapasan.

Supaya kalian lebih waspada akan bahaya yang dihasilkan oleh virus ini, alangkah baiknya jika kalian mengetahui gejala seseorang yang terjangkit Virus Corona.

Ada beberapa gejala yang harus kalian perhatikan, agar nantinya kalian lebih waspada. Gejala yang kami sajikan kali ini berupa hitungan hariannya. Simak berikut penjelasannya!

Hari ke-1

Pada hari pertama terjangkit virus Corona, penderita akan mengalami beberapa gejala berikut ini:

  • Mengalami demam (Suhu tubuh akan meningkat, yakni diatas 38°C)
  • Nyeri pada otot
  • Batuk Kering
  • Diare dan Mual

Jika kalian mengalami salah satu gejala diatas setelah pergi keluar kota atau berkunjung ke suatu tempat, lakukan isolasi mandiri sesegera mungkin dan pastikan kalian menggunakan masker, supaya nantinya meminimalkan penularan kepada orang terdekat.

Hari ke-5

  • Akan mengalami kesulitan bernafas
  • Pada umumnya, gejala ini hanya dialami oleh seseorang yang lanjut usia saja atau orang yang memiliki riwayat penyakit lain sebelumnya

Jika kalian mengalami gejala diatas, maka pergilah ke klinik dan konsultasikan dengan dokter mengenai masalah kesehatan yang kalian alami saat ini. Jangan lupa untuk gunakan masker ketika pergi ke klinik.

Hari Ke-8

  • Kurang lebih 15% pasien yang terjangkit Virus Corona akan mengalami sindrom gangguan pernapasan akut.
  • Saat gejala ini terjadi, cairan akan memenuhi paru-paru, dan bisa saja berakibat fatal jika tidak ditangani lebih lanjut.

Setelah mengalami gejala diatas dan dokter telah mengatakan jika kalian terjangkit Virus Corona, maka segerakanlah pergi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis.

Hari ke-10

  • Penderita yang kondisinya memburuk seiring berjalannya waktu, akan dibawa ke ruang ICU untuk mendapatkan pertolongan medis.
  • Pada saat ini pula, penderita akan mengalami gangguan pencernaan, sehingga nafsu makan akan berkurang.

Jika imunitas tubuh pasien yang terjangkit Virus Corona menurun, maka peluang pasien meninggal akan meningkat

Oleh karena itu, alangkah lebih baik jika kita semua mengikuti arahan yang diberikan oleh pemerintah, guna memutus rantai penyebaran Virus Corona atau COVID-19.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai gejala seseorang yang terjangkit Virus Corona. Semoga setelah membaca artikel ini, kalian menjadi lebih peduli dengan lingkungan sekitar dan menaati arahan dari pemerintah.

You might also like
Article, Featured, Health

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Menu