Cegah Rambut Rusak Akibat Styling

Menjaga rambut yang sehat dan teratur tidak cukup dengan mencuci rambut dengan shampoo dan menyisir saja. Banyak wanita yang melakukan styling pada rambutnya dengan hair dryer, catokan atau keduanya. Namun, jika terlalu sering menggunakan alat styling maka rambut kamu akan cepat rusak! Simak tips berikut untuk mencegah rambut rusak.

  • Gunakan conditioner dan hair mask

Setelah keramas, conditioner dan hair mask dibutuhkan untuk memberikan perlindungan ekstra pada rambut agar lebih melembabkan. Aplikasikan keduanya pada ujung rambut agar mencegah rambut cepat bercabang. Gunakan conditioner setiap hari setelah keramas, kemudian gunakan hair mask setidaknya 2-3 kali dalam seminggu.

  • Kurangi penggunaan hair dryer untuk mengeringkan rambut

Beberapa perempuan harus membiasakan dirinya untuk keramas setiap hari agar kulit kepala terasa lebih segar. Dibanding menggunakan hair dryer yang menambah kerusakan rambut, coba keringkan secara alami dengan panas matahari atau mengipas rambut kamu.

  • Styling saat rambut kering

Pastikan rambut dalam keadaan yang kering saat styling, karena rambut yang basah atau setengah kering lebih mudah mengalami kerusakan seperti lebih cepat rapuh, bercabang dan kering. Selain itu, proses styling juga dapat dilakukan lebih cepat dan hasilnya juga lebih tahan lama.

  • Aplikasikan heat protection¬†

Untuk menjaga rambut tetap sehat dan daya tahan catokan yang lebih lama, pastikan kamu menggunakan heat protection pada ujung rambut sebelum dicatok. Gunakan heat protection secukupnya yang sesuai dengan tipe dan panjang rambut kamu. Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir kerusakan pada rambut akibat styling.

  • Bagi rambut ke dalam beberapa bagian

Untuk meluruskan rambut lebih cepat, lebih baik membagi rambut ke beberapa bagian dengan ketebalan sekitar 1,25 – 5 cm. Jika mencatok rambut secara acak, proses styling jadi lebih lama dan tingkat kelurusannya juga berbeda. Lakukan dari bagian rambut terdalam hingga ke arah luar.

  • Pilih alat styling yang berkualitas

Catokan rambut yang berkualitas biasanya terbuat dari keramik, tourmaline atau titanium. Lapisan keramik akan mempengaruhi daya hantar panas dan membantu melindungi lapisan melanin rambut. Pilih juga catokan yang memiliki pilihan temperatur sehingga dapat disesuaikan dengan tekstur dan ketebalan rambut. Kemudian, pilih catokan rambut dengan lebar sekitar 4 cm agar lebih mudah mencatok rambut di bagian kulit kepala. Jika alat styling yang digunakan tidak berkualitas, akan mempengaruhi rambut jadi semakin lebih kering bahkan terbakar.

 

  • Hindari mencatok berulang-ulang

Walaupun sudah menggunakan heat protection, mencatok satu bagian berulang-ulang justru membuat rambut rusak. Cukup mencatok bagian rambut sekali saja lalu diamkan selama beberapa detik. Selain membuat rambut menjadi rusak, ketahanannya pun jadi semakin berkurang.

You might also like

More Similar Posts

Menu