Bumil di Jepang Tak Perlu Ngantri, Cukup Pakai Ini

Menjadi Ibu hamil di Jepang merupakan suatu anugerah tersendiri. Sebab, kian sedikit perempuan Jepang yang ingin hamil. Oleh karena itu, banyak keistimewaan yang mereka dapat.

Salah satu keistimewaan perempuan Jepang yang hamil yaitu mendapat gantungan kunci sebagai tanda dirinya sedang mengandung. Gantungan kunci tersebut bergambar ilustrasi seorang ibu dan anak di dalam kandungan.

@”DP‚µ‚½—«‚ªƒoƒbƒO‚É•t‚¯‚½ƒ}ƒ^ƒjƒeƒB[ƒ}[ƒN
Dengan gantungan berwarna merah jambu dan putih tersebut, para bumil mendapat kursi prioritas di kereta, bus, dan transportasi publik lainnya. Mereka tidak perlu mengatakan mereka hamil untuk mendapat duduk. “Cukup dengan memperlihatkan gantungan kunci tersebut, mereka berhak dapat kursi prioritas,” ujar Nunuk Endah Srimulyani, dosen Universitas Airlangga alumni program S2 dan S3 tentang Gender and Family Studies di Chiba University.

Tak hanya mendapat layanan khusus di transportasi publik, para bumil yang mengenakan gantungan kunci di tas mereka, juga bebas antri di berbagai fasilitas publik. Mereka tidak perlu berdiri mengular masuk ke fasilitas publik seperti taman bermain atau bioskop. Para bumil dapat langsung melenggang melalui jalur khusus.

Tak hanya itu Mommies, pemerintah sangat melindungi janin yang dikandung ibu hamil. Setiap perempuan hamil wajib mengambil Boshitecho/Kartu Menuju Sehat di kuyakusho (kelurahan, red) yang berisi berbagai kupon diskon untuk pemeriksaan kandungan dan riwayat imunisasi.

Pemerintah juga menyediakan kelas kehamilan untuk ayah dan ibu. Terdapat pelatihan perawatan bayi dan ibu pasca melahirkan, mulai dari cara memandikan bayi. Pelatihan ini juga diikuti oleh ayah.

Nikmatnya, pemerintah Jepang memberikan cuti hamil, cuti melahirkan, dan cuti merawat anak hingga 1 tahun. Ayah juga berhak mendapat cuti merawat anak (Ikuji kyuuka). Oya, Jepang juga memberikan tunjangan anak perbulan loh. Jadi gimana Mommies, punya rencana menjalani masa kehamilan di Jepang?

You might also like
Female & Mom, Kids

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Menu