Ini Dia Tips Menghadapi Interview Kerja Bagi Pemula

Bagi Anda yang dipanggil untuk interview atau wawancara kerja pastinya bikin perasaan campur aduk, antara rasa senang dan deg-degan. Karena interview akan menentukan apakah Anda bisa diterima atau tidak di perusahaan tersebut. Tentunya untuk hari H interview pasti banyak yang harus dipersiapkan. Nah berikut Fikkaa.com kasih tips menghadapi interview kerja bagi pemula. Semoga sukses…

  1. Pelajari tentang perusahaan

Pada saat dipanggil interview ada rasa senang dalam hati. Eits jangan terlalu senang dulu hingga lupa tidak membekali diri dengan informasi tentang perusahaan tersebut. Anda harus mengenali dan mencari informasi sedetail-detailnya, posisi yang kamu lamar, dan sebagainya. Sehingga pada saat ditanya nanti Anda tidak terlihat bingung.

  1. Penampilan itu sangat penting

Selain mencari informasi penting tentang perusahaan tersebut, penampilan juga sangat penting lho. Karena kesan pertama yang dilihat oleh si pewawancara adalah penampilan Anda. Anda harus memperhatikan penampilan mulai dari atas hingga bawah. Gunakan pakaian formal yang bersih dan rapi, tata rambut kamu serapi mungkin, dan gunakan sepatu yang bersih.

  1. Hilangkan rasa gugup dan tingkatkan rasa percaya diri

Pada saat mengahadapi interview, rasa gugup itu wajar muncul. Namun jangan sampai rasa gugup tersebut menggangu penampilan maksimal Anda. Tarik napas sedalam-dalamnya, santaikan pikiran, dan hilangkan beban. Jangan tanamkan di dalam diri, bahwa Anda tidak bisa. Tetapi tanamkan pikiran positif sehingga akan meningkatkan rasa percaya diri.

  1. Jelaskan perihal diri anda

Pada saat interview, pertanyaan tentang mendeskripsikan siapa diri Anda akan selalu muncul. Tentu pertanyaan ini akan membuat kamu bingung untuk mendeskripsikan diri sendiri. Kunci untuk menjawab pertanyaan ini, berikan informasi-informasi yang tegas dan menarik serta menunjukkan kelebihan Anda, sehingga layak mendapatkan pekerjaan tersebut. Mulailah dengan menceritakan pencapaian atau pengalaman terbaik dan tutup dengan pengalaman terkini yang membuat Anda memiliki status, pekerjaan atau jabatan saat ini.

  1. Menjaga kontak mata

Pada saat menghadapi interview pasti akan dicecar dengan berbagai pertanyaan yang menguras pikiran. Nah pada saat itu terjadi, jangan sampai Anda melepas kontak mata dengan si pewawancara. Karena menjaga kontak mata itu penting. Jika kontak mata Anda kemana-mana, Anda akan terlihat sedang gugup dan bingung akan pertanyaan yang diajukan. Selain itu, menjaga kontak mata akan memberikan kesan bahwa kamu menghormati si pewawancara.

  1. Ini dia jawaban saat ditanya gaji bagi si pemula

Pada saat interview, pasti akan ditanya tentang gaji yang bisa Anda harapkan dari pekerjaan. Bagi setiap orang bingung untuk menjawabnya, apalagi Anda sebagai pemula atau fresh graduate. Sebelumnya Anda juga harus melakukan riset terlebih dulu terkait gaji dibeberapa perusahaan di bagian posisi yang Anda lamar. Ungkapkan bahwa Anda termasuk orang yang fleksibel untuk menerima gaji dari perusahaan, namun jangan sampai terlalu rendah dari tugas yang diberikan. Selain itu, Anda juga menerima gaji sesuai kisaran standar perusahaan dan pengalaman.

  1. Jangan lupa ucapkan terimakasih

Mengucapkan rasa terimakasih itu susah bagi mereka yang tidak membiasakan. Oleh karena itu, selesai melakukan wawancara kerja, berterima kasihlah dengan si pewawancara. Hal ini akan memperlihatkan kualitas diri Anda dan ucapan terimakasih tersebut akan memberikan kesan bahwa diri si pewawancara dihormati.

You might also like
Career, FEMALE & MOM

More Similar Posts

Menu