Kartini Tangguh Indonesia

“Habis Gelap Terbitlah Terang”

Ya kutipan sederhana tersebut tidaklah asing ditelinga kita. Quotes inspiratif tersebut merupakan kutipan dari wanita tangguh Indonesia yaitu RA Kartini. Sosok beliau yang cerdas dan independen pada jamannya mampu menginspirasi bagi banyak perempuan Indonesia untuk memiliki hak yang sama dalam kesetaraan gender dan pendidikan tanpa meninggalkan kodratnya sebagai perempuan. Saat ini banyak wanita Indonesia mampu membuktikan kepada dunia bahwa Indonesia melahirkan Kartini-Kartini yang mampu berperan penting, seperti di pemerintahan. Nah Ladies, untuk memperingati Hari Kartini 21 April 2019, berikut infonya Kartini-Kartini tangguh Indonesia..

  1. Susi Pudjiastuti
instagram/susipudjiastuti115

Siapa sih yang tidak mengenal Kartini tangguh Indonesia satu ini. Ya beliau Susi Pudjiastuti (Lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965) merupakan seorang Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo periode 2014-2019. Menteri Susi menjadi salah satu menteri paling favorit lho karena gayanya yang nyentrik dan terkenal akan kebijaakannya yaitu “Tenggelamkan” untuk kapal-kapal asing yang berusaha mencuri ikan di laut Indonesia. Kebijakannya tersebut sangat berani lho, sehingga banyak dari negara tetangga menjadi ciut dan banyak memprotesnya. Namun atas kebijakan tersebut membuat Indonesia semakin disegani dan membuat hasil tangkapan makin melimpah serta kegiatan ekspor ikan ke luar negeri semakin meningkat. Selain itu, Susi Pudjiastuti juga seorang pengusaha pemilik dan Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product (eksportir hasil-hasil perikanan) dan pemilik PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air dari Jawa Barat.

Semenjak diangkat menjadi Menteri Perikanan dan Kelautan, membuat nama beliau semakin meroket dan mendapatkan berbagai penghargaan bergengsi baik dari Nasional dan Internasional berkat kerja kerasnya. Pada awal tahun 2019 ini, beliau meraih penghargaan Internasional sebagai satu-satunya orang Indonesia yang masuk jajaran 100 Pemikir Terbaik Dunia versi Majalah Foreign Policy berkat keberaniannya memerangi pencurian ikan atau Ilegal Fishing.

  1. Sri Mulyani Indrawati
kemenkeu.go.id

Tidak asing lagi dengan Kartini tangguh Indonesia ini. Lebih dikenal sebagai Sri Mulyani (Lahir di Lampung, 26 Agustus 1962) merupakan seorang Menteri Keuangan di Pemerintahan Presiden Joko Widodo. Kita harus bangga lho, karena menteri wanita satu ini adalah orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia pada Tahun 2010. Sebelumnya beliau juga menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia pada tahun 2005 era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Salah satu kebijakan pertamanya sebagai menteri keuangan kala itu ialah memecat petugas korup di lingkungan Depertemen Keuangan. Ia berhasil meminimalisir korupsi dan memprakarsai reformasi dalam sistem pajak dan keuangan Indonesia, dan mendapat reputasi sebagai menteri yang berintegritas.

Tidak kalah dengan Menteri Susi Pudjiastuti, Sri Mulyani juga mendapatkan berbagai penghargaan baik dalam negeri maupun dunia Internasional. Baru-baru ini Menteri Sri Mulyani kembali dinobatkan sebagai Menteri Keuangan Terbaik di Asia Pasifik 2019 versi majalah keuangan FinanceAsia untuk ketiga kalinya setelah tahun 2017 dan 2018 lalu. Penghargaan ini diberikan, karena beliau dianggap berhasil membawa perekonomian Indonesia kearah yang lebih baik, dengan pencatatan defisit anggaran terendah dalam enam tahun terakhir pada 2018 dalam badai krisis ekonomi. Selain itu, Sri Mulyani juga meluncurkan program Amnesti Pajak sehingga meningkatkan pendapatan pajak negara. Nah uniknya lagi, Sri Mulyani juga punya band bernama “Elek Yo Band” bersama dengan menteri-menteri kabinet kerja lainnya.

  1. Tri Rismaharini
instagram/trirismaharini

Jika kamu datang ke Kota Pahlawan atau Surabaya, pasti tidak asing lagi dengan Walikota nya. Ya beliau adalah ibu Tri Rismaharini akrab disapa Risma (Lahir di Kediri, 20 November 1961) yang menjabat sejak 17 Februari 2016. Sebelumnya beliau juga pernah menjabat sebagai Walikota Surabaya pada tahun 2010 – 2015. Risma adalah wanita pertama yang terpilih sebagai Walikota Surabaya sepanjang sejarah.

Mungkin kamu sering melihat beliau diberbagai pemberitaan di televisi dengan ketegasannya kepada bawahannya dalam mengelola pemerintahan. Bukan tanpa alasan, ketegasannya membuahkan berbagai penghargaan bergengsi baik dalam Negeri maupun internasional. Serta siapa sangka, Kartini tangguh satu ini merupakan kepala daerah perempuan pertama Indonesia yang berulang kali masuk dalam daftar pemimpin terbaik dunia. Bahkan beliau mampu membawa nama Surabaya sebagai kota terbaik se-Asia dengan Taman Bungkul mendapatkan penghargaan dari The Asian Townscape Award (ATA) 2013 dengan kategori Taman Terbaik se-Asia Tenggara dari PBB. Risma juga pernah mendapatkan penghargaan Ideal Mother Awards pada Maret 2016. Penghargaan ini diberikan oleh Islamic Educational Scientific and Cultural Organization (ISESCO) kepada para perempuan yang dianggap mampu melakukan pemberdayaan terhadap masyarakat. Dan pada 7 Desember 2018 Lalu, Risma kembali membawa Kota Surabaya menyabet prediket sebagai kota paling populer versi online pada City Guangzhou Award. Wahh bangga yaa….

  1. Retno Lestari Priansari Marsudi
womensobsession.com

Lebih dikenal sebagai Retno Marsudi (lahir di Semarang, 27 November 1962) merupakan Menteri Luar Negeri pada Pemerintahan Presiden Joko Widodo periode 2014 – 2019 dan sekaligus sebagai perempuan pertama Indonesia yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri. Sebelumnya pada tahun 2012, Retno Marsudi dipercaya oleh pemerintah untuk menjadi Duta Besar Indonesia di Den Haag, Belanda.

Nah Menteri perempuan satu ini juga tergabung dengan grup band “Elek Yo Band” bersama dengan Menteri Keuangan, Sri Mulyani dan bersama menteri-menteri lainnya. Pada tahun 2018 lalu, Kartini tangguh Indonesia ini menyabet penghargaan El Sol Del Peru atau The Sun of Peru dengan peringkat Grand Cross dari Pemerintah Peru saat kunjungan bilateral Indonesia – Peru. Selain itu, ditahun yang sama beliau juga mendapatkan penghargaan di Indonesia Award 2018 dalam kategori Tokoh Publik Terbaik yang diselenggarakan oleh salah satu stasiun TV Swasta. Menlu Retno dinilai sebagai tokoh wanita yang memiliki etos kerja tinggi selama menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Indonesia sehingga layak mendapatkan penghargaan.

  1. Yohana Susana Yembise
womensobsession.com

Siapa sangka dari tanah Cendrawasih, Indonesia memiliki Kartini Tangguh yaitu Yohana Susana Yembise. Yohana Susana Yembise (lahir di Manokwari, 1 Oktober 1958) merupakan perempuan pertama yang menjadi guru besar dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak pada Pemerintahan Presiden Jokowi periode 2014 – 2019. Sebelum diangkat sebagai Menteri, Yohana merupakan seorang dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Cederawasih Jayapura. Beliau adalah perempuan pertama yang diberi gelar guru besar oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Profesor Doktor di bidang Desain Silabus dan Material Development.

Menteri Yohana terbilang istimewa dalam dunia pendidikan. Beliau sedikit dari orang Papua yang dapat mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi kala itu. Saat ini, Menteri Yohana membuktikan bahwa wanita Papua bisa menjadi salah satu Kartini Indonesia yang mampu menginspirasi dan mendapatkan hak yang sama dengan yang lainnya. Pada tahun 2017 lalu, Menteri Yohanna menerima penghargaan Simon Fraser University Outstanding Alumni Awards di Bidang Pelayanan Publik.

You might also like
FEMALE & MOM, Figure

More Similar Posts

Menu