Anak Mulai Kecanduan Gadget, Inilah Tips Untuk Menguranginya

Gadget saat ini merupakan benda yang tidak bisa dipisahkan dari aktifitas sehari-hari. Setiap orang dewasa bahkan sampai anak-anak pun sudah bisa mengaksesnya. Pada dasarnya anak boleh dikenalkan dengan gadget untuk mengenal teknologi. Namun jangan terlau berlebihan ya bunda.. karena akan menyebabkan kecanduan dan apalagi dengan konten-konten negatif yang gampang diakses.

Nah bagi anak bunda yang mulai kecanduan gadget, fikkaa.com bagi-bagi tips agar anak dapat mengurangi kebiasannya.

  1. Berikan Batasan Waktu Kepada Anak

Jangan langsung melarang si anak untuk berhenti bermain gadget. Tetapi berikan batasan waktu untuk anak bermain. Memang sulit untuk memberikan batasan waktu, tetapi bunda arus tegas agar anak memahami batasan penggunaan.

  1. Luangkan Waktu Untuk Bermain Dengan Anak

Memang sulit bagi orang tua yang sama-sama bekerja. Tetapi alangkah baiknya ayah dan bunda sebisa mungkin meluangkan waktu untuk bermain dengan anak. Biasanya anak menyukai bermain dengan gadget karena merasa kesepian.

  1. Berikan Mainan Alternatif

Berikan mainan alternatif seperti boneka atau mobil-mobilan biasanya anak akan senang bermain dengan mainan yang mereka sukai.

  1. Jangan Langsung Memberikan Gadget Saat Anak Merengek

Ini yang harus dihindari ya bunda… Memberikan gadget bagi anak yang merengek bukan ide yang bagus tetapi malah akan menambah kecanduan bagi anak.

  1. Ajaklah Anak Bersosialisasi Dengan Teman

Bisa jadi anak suka bermain gadget karena kesepian atau juga tidak ada aktifitas yang disukai dengan teman sebayanya. Oleh karena itu menemani dan mengajak anak bermain dengan teman sebayanya akan membuat si anak sibuk dan melupakan waktu untuk bermain gadget.

  1. Batasi Jaringan Internet di rumah

Sambungan internet di rumah memudahkan anak-anak untuk lebih mencintai dunianya bemain gadget. Maka tidak heran jika anak suka menyendiri di kamar dan bermain gadget. Jadi tidak ada salahnya orangtua membatasi jaringan internet di rumah.

  1. Berikan Contoh yang Baik

Anak akan meniru setiap apa yang orang tua lakukan. Orang tua yang sibuk dengan gadgetnya akan lebih ditiru oleh si anak. Jadi buat orang tua berikan contoh yang positif ya.

 

 

You might also like
Female & Mom, Kids

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Menu