Membantu si Kecil Agar Lepas dari Popok

Tidak terasa ya Mom si kecil sudah mulai tumbuh besar dan mulai masuk usia pra sekolah. Namun masih ada lho si kecil belum bisa lepas dari popok atau diampers. Seharusnya kapan sih si kecil harus mulai lepas popok? Di usia 2-3 tahun seharusnya batita tidak tergantung lagi dengan popok atau diampers. Nah Mom harus mulai melatih si kecil melepas popok Karena kalau tidak dilatih, si kecil akan menjadikannya kebiasaan dan menjadi tidak mandiri. Berikut tips dari Fikkaa.com untuk membantu para Mom agar si kecil bisa lepas dari popok..

  1. Lepas popok secara bertahap

Melepas popok memang suatu keanehan bagi si kecil apalagi waktu pertama kali. Mom jangan memaksa si kecil untuk terus melepas popok, tetapi Mom harus melepaskannya secara bertahap. Pertama-tama gunakan popok pada waktu saat akan tidur dan saat akan bepergian saja. Setelah itu, biasakan gunakan popok saat akan bepergian saja. Lama kelamaan si kecil akan mulai terbiasa.

  1. Ajari si kecil pergi ke toilet dan cara menggunakan toilet

Setiap apa yang dilakukan oleh orang tua, secara perlahan akan ditiru oleh si kecil. Luangkan waktu untuk mengajak si kecil pergi ke toilet dan ajari cara menggunakan toilet. Si kecil secara perlahan akan memahami fungsi dari toilet itu sendiri lho Mom. Selain itu, Mom juga bisa menyediakan training potty untuk melatih si kecil menggunakan toilet.

  1. Ajari bahasa tubuh

Mom tidak hanya mengajarkan cara menggunakan toilet, tetapi Mom juga harus mengajari si kecil bahasa tubuh saat ingin BAK (Buang Air Kecil) dan BAB (Buang Air Besar). Kasih tau si kecil saat ia merasa ingin Kebelet BAB dan BAK agar memberi tahu dengan bahasa tubuh dan pergi ke toilet.

  1. Buatlah jadwal ke toilet

Buatlah jadwal untuk pergi ke toilet setiap hari. Misalnya, ajak anak ke toilet untuk BAK atau BAB setiap sebelum atau sesudah tidur. Jika si kecil menolak, jangan langsung dimarahai atau dipaksa. Percaya deh Mom, nanti si kecil akan terbiasa. Dan jika si anak mengompol atau BAB di celana, Mom jangan memarahinya. Namanya juga masih belajar dan beradaptasi.

  1. Harus konsisten

Mengajari anak untuk melepas popok memang susah Mom. Oleh karena itu dibutuhkan kesabaran dan konsisten dari para orang tua untuk mengajari si kecil. Konsistensi dan kesabaran adalah kunci utama membiasakan si kecil jadi disiplin.

You might also like
FEMALE & MOM, Kids

More Similar Posts

Menu