Mengenal Bela Diri Muay Thai dan Manfaatnya bagi Tubuh

Seiring berkembangnya jaman, olahraga bela diri tidak hanya dipelajari oleh para atlit. Namun sekarang orang-orang sudah mulai menyukai bela diri tersebut baik perempuan, laki-laki, dan bahkan anak-anak. Banyak yang beranggapan bahwa selain dapat menyehatkan tubuh, bela diri juga sebagai self defense ketika tejadi kejahatan. Bahkan olahraga bela diri sudah menjadi gaya hidup tersendiri lho…

Tahukah kamu bela diri yang saat ini mulai berkembang dan populer serta sangat diminati oleh orang Indonesia adalah bela diri asal Thailand yaitu Muay Thai. Saat ini khususnya di kota besar seperti Jakarta sudah menjamur tempat-tempat gym yang menyediakan pelatihan olahraga ini. Bahkan banyak lho atlit-atlit amatir yang mencoba mengikuti perlombaan Muay Thai.

 

Sebelum kamu mencoba olahraga yang satu ini, kamu harus tahu apa sih Muay Thai dan bagimana perkembangannya di Indonesia…

Muay Thai atau lebih sering di sebut dengan Thai Boxing berkembang sejak hampir 1000 tahun yang lalu di Thailand, dan menjadi olahraga Nasional di negara mereka. Pada awalnya bela diri ini bernama Krabbi Krabbong. Pada masa pemerintahan Raja Phra Cao Sua tahun 1702, ia dikenal dengan julukannya “Tiger King”, ia mengajarkan bela diri ini kepada seluruh bala tentaranya.

Pada tahun 1774 ada seorang petarung yang dikenal dengan nama Nai Kha Nom Tom, karena perangnya melawan Burma. Waktu itu ia berhasil tertangkap bersama beberapa orang Siam (sekarang Thailand) yang bernama Ayyuthaya, lalu dipenjara di Burma. Nai Kha Nom Tom adalah salah satu petarung terhebat pada masanya, ialah yang mewakili teman-temannya dalam suatu kompetisi pertarungan yang diadakan raja Mangra.

Tanpa halangan ia pun berhasil mengalahkan 10 petarung terbaik Burma hanya dengan tangan kosong, dan tentu saja bela diri inilah yang digunakan oleh Nai Kha Nom Tom. Setelah itu Raja Mangra memberikan kebebasan kepadannya sebagai hadiah dari kemenangannya, dan ia pun kembali ke Ayyuthaya sebagai seorang Pahlawan.

Sejak itu semua tentara yang ada di Thailand diwajibkan untuk mempelajari seni bela diri Muay Thai sebagai bekal kalau mereka bertarung jarak dekat dan tanpa senjata. Sejarah tersebut lah yang telah melegenda di seluruh pelosok Thailand dan menjadi salah satu kebudayaan tersendiri untuk Bangsa Thailand.

Dengan memadukan teknik tendangan, sapuan kaki, lompatan,  teknik siku dan pukulan menjadikan Muay Thai menjadi salah satu urutan pertama seni bela diri paling mematikan dunia. Namun jangan khawatir, saat ini seni bela diri ini sangat aman karena menggunakan berbagai pelindung tubuh untuk menghindari cedera.

Sedangkan di Indonesia, seni bela diri ini sudah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Bahkan banyak sekali tempat pelatihan-pelatihan yang tersebar diseluruh Indonesia. Selain itu, pemerintah Indonesia juga sudah mulai mengembangkan bela diri ini. Tak hayal jika banyak sekali ajang perlombaan Muay Thai di Indonesia, mulai dari grup amatir hingga profesional. Sehingga banyak juga atlit Muay Thai Indonesia dapat mewakili pertandingan ke taraf Internasional.

fajar.co.id

Lalu apakah seni bela diri ini sangat bermanfaat bagi tubuh? Tentunya banyak sekali manfaatnya jika kita menekuni olahraga ini, berikut infonya….

  1. Menjaga berat badan

Nah jika kamu sedang melakukan program diet bisa mencoba olahraga Muay Thai. Olahraga ini akan cepat menurunkan dan menjaga berat badan kamu lho. Karena olah raga ini memiliki gerakan yang diarahkan untuk memperkerjakan seluruh anggota badan. Mulai dari sikap tubuh, gerak kaki, pukulan dasar, tendangan, dan serangan lutut dan siku serta dikombinasikan dengan pemanasan yang benar-benar membuat tubuh kamu berkeringat. Sehingga lemak dan kalori dalam tubuh cepat terbakar.

  1. Menyehatkan jantung

Salah satu manfaat utama dari Muay Thai adalah menguatkan jantung. Intensitas Muay Thai yang tinggi akan memacu nafas dan meningkatkan detak jantung. Nah, di saat itulah jantung akan memompa darah ke seluruh tubuh. Otot jantung yang kuat mampu menurunkan kemungkinan penyakit kardiovaskular dan stroke.

  1. Menguatkan otot kaki

Selain menonjok dan menyikut, salah satu gerakan utama pada Muay Thai adalah menendang. Dengan mempelajari teknik menendang yang baik, otot-otot tubuh bagian bawah akan semakin terlatih dan semakin kuat. Tidak hanya menguatkan otot, jika dilatih secara rutin tentu akan membuat kaki tampak lebih ramping dan kencang.

  1. Meningkatkan stamina tubuh

Ketika mulai berlatih Muay Thai, biasanya akan terasa berat dan sangat melelahkan, karena memang olahraga ini menguras banyak tenaga. Namun sama halnya seperti olahraga kardio pada umumnya, semakin rutin dilakukan maka tubuh akan semakin terbiasa dan tanpa disadari stamina akan terus meningkat dan tubuh tidak gampang terserang penyakit.

  1. Melepaskan rasa stres

Bagi kamu pekerja kantor,cobalah untuk mencoba olahraga ini untuk menghilangkan rasa stres akibat beban kerja yang menumpuk. Dengan berbagai gerakan yang dilakukan mulai dari pukulan dan tendangan tentunya sebagi penyalur emosi terbaik dan ampuh untuk melepaskan rasa stres yang berkepanjangan.

  1. Sebagai pertahanan diri terbaik

Manfaat lain yang tentunya sangat penting mempelajari olahraga bela diri Muay Thai ini adalah dapat menjadikan self defence atau pertahanan diri. Apalagi jika kamu seorang wanita jika tiba-tiba mengalami kejahatan dijalanan.

You might also like
FEMALE & MOM, Healthy

More Similar Posts

Menu