Menyapih Si Kecil Ala Alice Norin

Memberi air susu ibu (ASI) alias menyusui kepada buah hati merupakan kebahagiaan tersendiri. Namun saat tiba waktu menyapih menjadi hal yang sulit dan berat dilakukan. Bukan begitu Mommies?

Tenang, Mommy tidak sendiri karena Alice Norin punya pengalaman yang sama dan Ia membagi pengalaman seputar menyapih Alita Naora Lawi, putri kecilnya yang baru saja genap berusia 2 tahun.

Diakui Alice memang tidak mudah untuk memutuskan akhirnya menyapih Alita. Ada perasaan tidak tega, dan juga perasaan khawatir karena merasa tidak “dekat” lagi dengan buah hati. Sebab dua tahun adalah waktu yang cukup lama bisa merasakan bounding yang begitu kuat antara ibu dan anak saat proses menyusui.

Meski berat tapi Alice sadar betul bahwa usia 2 tahun adalah waktu yang tepat untuk menyapih. Pelan-pelan Alice mulai memberitahu Alita bahwa dia harus stop nenen.

“Kamu sudah mau dua tahun sudah jadi big girl, jadi harus stop nenen. Tapi kalau mau susu ada kok susu strawbery, coklat dan lain-lain yang juga enak,” ujar Alice.

Rencana awal akan saat mereka sekeluarga berlibur ke Jepang, namun karena berbagai alasan akhirnya niat tersebut urung dilakukan dan ditunda sepulang dari Jepang.

Namun lagi-lagi rencana menyapih tertunda lantaran Alice dan suami tumbang sepulang dari Jepang. Keduanya terpaksa dirawat di rumah sakit karena kondisi tubuh yang lemah.

“Akhirnya begitu aku sudah sehat kembali, aku mulai deh menyapih Alita. Saran dari mama mertua, kalau Alita nggak bisa dikasih tahu kasih kencur saja di bagian dada. Karena biasanya anak-anak tidak suka dengan kencur,” paparnya.

Awalnya, kata Alice, sempat ragu dengan pakai kencur itu tapi ia tetap mencobanya. Lalu bagaimana hasilnya, apakah langsung berhasil? Ternyata tidak cukup sekali loh Mommies. Alita tetap “nekat” dan mau nenen walaupun pakai kencur.

“Aku sama Dada-nya (sebutan untuk ayah Alita, red) sampai ketawa ngelihat Alita. Oh, kayaknya kurang banyak deh dan akhirnya ditambah lagi kencurnya termasuk yang ada beruntulan-nya (parutan kasar, red) itu.”

Ternyata berhasil Mommies. Alita tidak mau lagi nenen setelah melihat bagian dada Mommy-nya tampak kotor dan mungkin juga rasa ASI-nya menjadi aneh. Meski sempat juga Alita nekat meminta nenen namun dengan sigap Alice segera membubuhkan kencur di bagian sekitar payudara.

Surprising, Aku perlu kayak gitu cuma 2-3 kali!,” ujar artis yang kini menggeluti usaha fashion online tersebut.

Jadi, Alice menyarankan untuk Mommies yang akan menyapih anaknya lebih baik segera melakukannya jangan ditunda-tunda karena semakin ditunda akan semakin ragu.

Jangan lupa Mommies harus memiliki trik untuk mengalihkan kebiasaan si kecil yang harus nenen sebelum tidur sampai membuatnya terlelap. Misalnya, lebih banyak dipeluk menjelang tidur.

Cara lain adalah mencari tahu benda apa yang menjadi kesayangan buah hati dan bisa membuatnya nyaman. Sebab anak-anak nenen sebelum tidur bukan hanya sekadar mengkonsumsi ASI melainkan juga untuk mencari kenyamanan hingga membuatnya tidur lelap.

“Saya ingat ada selimut kesayangan Alita yang harus ada kalau dia mau tidur. Nah aku selalu siapin selimut andalan itu.”

Last but not least, Mommies harus bisa mengontrol emosional diri. Sebab menyapih tidak hanya membuat emosional anak tidak stabil tapi juga Mommies sendiri.

“Jadi Mommy juga harus happy dan tenang ya biar anak juga tenang. Karena saat menyapih pasti anak jadi rewel dan dia butuh ibunya yang tenang,” tutup Alice.

You might also like
Female & Mom, Kids

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Menu