Tidak ada komentar

5 Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Anak dalam Pandangan Islam

Seorang anak merupakan karunia serta amanah yang dititipkan Allah Swt kepada setiap orangtua. Setiap orangtua pasti ingin memiliki anak yang saleh, baik, pintar dan sukses. Oleh sebab itu, setiap orang tua dituntut untuk mendidik anak-anaknya dengan penuh tanggung jawab.

Beberapa hadits Islam menyebutkan jika karakter seorang anak tergantung dengan pola asuh serta pendidikan yang diberikan oleh kedua orangtuanya. Serta beberapa hadits juga menyebutkan bahwa anak-anak saleh akan menyelamatkan kedua orangtuanya dari siksa api neraka. 

Dengan demikian, maka memberikan anak pengetahuan tentang nilai-nilai agama adalah wajib hukumnya bagi orangtua. Selain itu, orangtua juga memiliki kewajiban atau tanggung jawab yang harus dilakukan untuk anak-anaknya. 

Tanggung Jawab Orang Tua Terhadap Anak dalam Islam

Berikut beberapa tanggung jawab tua yang harus dilakukan untuk anak-anaknya:

1. Memberikan Nama yang Baik

Nama merupakan sebuah harapan serta doa dari orang tua untuk anak-anaknya. Sehingga wajib bagi orang tua untuk memberikan nama anak-anak mereka dengan nama yang baik, agar anak memiliki masa depan yang baik pula.

2. Mendidik Anak dengan Baik

Tanggung jawab orang tua selanjutnya adalah mendidik anak dengan baik. Seorang anak berhak untuk mendapatkan pendidikan yang baik dari orang tuanya, terutama mengenai agam serta akhlak yang baik yang dapat dicontoh dari orang tuanya.

3. Mengajarkan Al Quran 

Tanggung jawab orang tua terhadap anak lainnya adalah dengan mengenalkan dan mengajarkan anak Al Quran. Orang tua bertanggung jawab mengenalkan al quran kepada anak sejak kecil, mengajarkan setiap makna di dalam al quran, serta menerapkan akhlak-akhlak yang baik sesuai yang ada di Al quran.

4. Memberikan Nafkah yang Halal

Memberikan anak nafkah yang halal termasuk salah satu tanggung jawab orang tua terhadap anaknya. Sebagai orang tua, sebaiknya kita berusaha untuk memberikan nafkah atau makanan yang halal. Sebab, setiap makanan halal yang dikonsumsi akan membawa keberkahan bagi keluarga.

5. Menikahkan Anak 

Tanggung jawab orang tua selanjutnya adalah dengan menikahkan anak dengan pasangan yang baik. Sebagaimana tertuang dalam Al Quran: “Kawinkanlah anak-anak kamu (yang belum kawin) dan orang-orang yang sudah waktunya kawin dari hamba-hambamu yang laki-laki ataupun yang perempuan. Jika mereka itu orang-orang yang tidak mampu, maka Allah akan memberikan kekayaan kepada mereka dari anugerah-Nya.” (QS. An-Nur: 32).

You might also like

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Menu