Tidak ada komentar

Terapkan 5 Trik Ini Agar Anak Mau Sekolah

Sebagai orang tua, tentu ingin memberikan bekal dan hal terbaik bagi anak. Salah satunya adalah perihal pendidikan. Orang tua berupaya untuk memberikan pendidikan yang layak dan baik anak untuk bekal di masa depannya. Namun, tidak semua rencana yang dimiliki orang tua berjalan dengan mulus. Ada saja hambatan dalam memberikan pendidikan yang layak bagi anak. Salah satu hal yang menghambat hal tersebut adalah kemungkinan anak mogok sekolah.

Orang tua tentu akan merasa kebingungan ketika menghadapi anaknya yang tidak mau sekolah. Alih-alih memarahi dan membentak anak, sebaiknya orang tua perlu memiliki trik khusus agar anak mau sekolah kembali.

Trik Agar Anak Mau Sekolah

Berikut trik yang bisa Anda terapkan agar anak mau sekolah kembali yang bisa Anda coba.

1. Ketahui Penyebabnya

Anak juga merupakan seorang manusia yang juga memiliki perasaan emosional. Anak mogok sekolah bisa jadi merupakan salah satu luapan emosionalnya atas sesuatu hal. Sebagai orang tua yang bijak, sebaiknya Anda perlu mencari tahu penyebab anak menjadi mogok sekolah. Apakah karena anak merasa bosan atau bisa juga anak merasa terintimidasi di sekolah. 

2. Terbuka dengan Anak

Trik selanjutnya yang bisa Anda lakukan untuk membujuk anak agar mau sekolah kembali adalah dengan membangun komunikasi yang terbuka bersama anak. Hal ini tentu bukan sesuatu yang mudah. Anda perlu memiliki kedekatan emosional terlebih dahulu dengan anak, agar anak Anda nyaman bercerita kepada Anda. Anda bisa membangun kedekatan atau bonding terlebih dahulu dengan anak. Kemudian perlahan-lahan Anda bisa menanyakan perihal permasalahan yang dihadapi oleh anak.

3. Jadilah Panutan

Anak merupakan seorang peniru ulung. Anak akan meniru perilaku orang disekitarnya termasuk perilaku orang tua. Oleh karena itu, orang tua perlu menjadi panutan bagi sang anak. Anda bisa menunjukkan sikap positif dan semangat belajar dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga anak dapat meniru semangat belajar dan sikap positif yang Anda miliki.

4. Konsultasi dengan Guru

Guru merupakan orang tua anak di sekolahan. Guru juga bertanggung jawab terhadap perilaku yang dimiliki oleh anak. Sehingga tak jarang guru juga sedikit banyak mengetahui permasalahan yang dialami anak di sekolah. Anda bisa berkonsultasi dengan guru untuk menemukan solusi yang terbaik agar anak mau sekolah kembali.

Dengan menerapkan trik diatas diharapan sang anak mau sekolah kembali, semoga bermanfaat

You might also like
Parenting
, ,

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Menu