Pose Dasar Yoga yang Harus Dikuasai Bagi Pemula

Yoga merupakan salah satu olahraga yang sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan tubuh. Selain dapat menghilangkan stres dan menurunkan berat badan, yoga juga ampuh dalam meningkatkan rasa percaya diri lho.

Nah bagi kamu yang ingin belajar yoga, berikut pose dasar yang harus diketahui bagi pemula…

  • Seated Yoga Pose
www.womenhealthzone.com

Sebelum melakukan gerakan yang lain, alangkah baiknya mempelajari cara duduk yang benar dalam yoga. Cara duduk yang baik dan benar yaitu dengan duduk bersila dengan posisi tubuh tegap, dada membusung ke depan, kepala diangkat ke atas serta rileks. Tujuan dari pose ini adalah untuk menguatkan otot dan merilekskan tubuh.

  • Montain Pose
www.yogajournal.com

Pose yang satu ini adalah pose sederhana dari yoga. Jika kamu melakukannya dengan benar akan membantu memperbaiki postur dan keseimbangan. Berdirilah dengan jari kaki menyentuh lantai dan biarkan tumit sedikit terpisah (atau lebih lebar) satu sama lain dengan meletakkan lengan di samping tubuh kamu. Tarik bahu ke bawah dan rentangkan tulang selangka. Posisikan kepala sejajar dengan bahu (tidak mundur atau maju), dan dagu sejajar dengan lantai. Panggul dan punggung bawah harus netral, tidak terselip atau melengkung. Tahan selama 30 detik hingga 1 menit.

  • Tree Pose
www.popsugar.com

Gerakan ini merupakan gerakan dasar untuk melatih keseimbangan dan juga meningkatkan kelenturan tubuh. Caranya cukup mudah, pertama mulailah dengan berdiri tegak. Kemudian, letakan kedua telapak tangan di depan dada. Untuk bagian kaki, tekuk lutut ke arah luar menjauhi tubuh dan tempelkan telapak kaki di bagian paha seperti gambar di atas. Tahan gerakan ini selama 30 detik. Setelah 30 detik, ganti kaki sebelahnya dan ulangi gerakan yang sama.

  • Back Pain Pose

Gerakan ini sangat berguna untuk melatih otot punggung dan membantu menyembuhkan cedera pada otot punggung. Gerakan ini diawali dengan tidur telentang, lalu tekuklah kaki sambil mengangkat pantat secara perlahan hingga membentuk sudut 450. Letakkan tangan di samping kiri dan kaki dalam posisi yang rileks. Gerakan Back Pain Pose ini berguna untuk membuat posisi tulang menjadi lurus dan tegak serta mencegah tubuh bungkuk, karena tulang belakang dilatih dengan cara ditekuk berlawanan arah dengan kebiasaan kita sehari-hari.

  • Upward and Downward Facing Dog Pose
denicezengo.com

Gerakan yang satu ini akan melatih banyak otot serta kekuatan tangan, bahu, lengan, dan juga tulang belakang  dan perut menjadi kencang. Untuk melakukannya, buat posisikan tubuh telungkup, lalu angkat tubuh lebih tinggi dengan menggunakan kekuatan kaki dan tangan. Posisi tangan dan kaki harus sejajar lurus, begitu juga dengan punggung menghadap ke atas hingga membentuk posisi busur. Tahan gerakan ini selama 5-10 hitungan atau 1 menit sambil mengatur pernapasan dengan baik.

  • Cobra Pose
yogainternational.com

Gerakan cobra akan berguna dan membantu dalam melenturkan serta meregangkan tulang belakang. Caranya, berbaring telungkup di lantai dengan jari tangan kamu di bawah bahu. Regangkan kaki hingga ujung jari kaki menyentuh lantai. Kencangkan dasar panggul dan kunci perut. Tekan bahu ke atas dengan mendorong ibu jari dan jari telunjuk. Arahkan dada kamu ke depan. Posisi tangan harus lurus sejajar dengan lantai. Setelah beberapa saat bersantailah dan ulangi lagi.

  • Child Pose
www.gaia.com

Ini adalah salah satu gerakan rileks yang paling menenangkan setelah melakukan gerakan yoga  yang lain. Setiap kali kamu merasa kewalahan atau merasa lelah, lemaskan tubuh dengan child pose ini. Dari pose downward-facing dog yang sebelumnya kamu lakukan, turunkan bokong ke bawah, tempelkan lutut dan punggung telapak kaki kamu dengan matras.

You might also like
FEMALE & MOM, Healthy

More Similar Posts

Menu