Tips Menghadapi Atasan yang Galak di Kantor

Memiliki lingkungan kerja yang bersahabat dan atasan yang superbaik memang impian setiap karyawan. Namun sayangnya banyak lho atasan-atasan perusahaan yang memiliki sikap keras dan galak. Tentunya hal seperti ini memang membuat tidak nyaman dan rasanya ingin cepat-cepat resign atau berhenti kerja atau pindah kerja.

Namun disamping itu, dengan kondisi ini secara tidak langsung akan melatih mental kamu untuk tahan banting. Siapa tahu si bos akan melirik kamu untuk cepat naik jabatan. Nah sebelum uring-uringan ingin resign mendingan ikutin tips berikut untuk menghadapi atasan yang galak di kantor…

  1. Cari tahu kenapa atasan kamu bersikap galak

Jika atasan kamu marah-marah atau galak kepada kamu atau dengan karyawan lain, coba deh cari tahu alasannya kenapa ia bersikap demikian. Bisa jadi kamu berbuat salah atau pekerjaan kamu tidak sesuai ekspektasinya.

Jika demikian, lebih baik pertama kamu meminta maaf , lalu menanyakan di mana letak kesalahanmu, dan mintalah koreksi darinya. Ingat ya setiap orang marah itu pasti ada penyebabnya dan segalak-galaknya atasan pasti dia punya sisi baik dalam dirinya.

  1. Jangan cepat baper saat diomeli atasan

Siapa sih yang rela diomeli terutama dengan atasan. Tentunya tidak rela. Jika kamu diomeli lebih baiknya jangan dimasukkan hati. Intinya sih jangan cepat baper yaa! Kalau kamu baper maka akan mengganggu kinerja kamu dan berdampak juga dengan karir kamu. Anggap saja omelan dari atasan itu adalah nasihat dan motivasi buat kamu untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik.

  1. Jangan katakan tidak di depan atasan

Tidak artinya bukan tidak bisa tetapi tidak mau. Jika kamu memang merasa kurang sanggup mengerjakan pekerjaan yang diberikan oleh atasan, jangan sampai kamu bilang tidak, tetapi usahakan kamu bilang sanggup. Selain itu kamu juga harus jujur dengan kekurangan atau keterbatasan kamu kepada atasan. Kerjakan dengan sungguh-sungguh dan buatlah hasil yang maksimal. Bila dalam pekerjaan kamu mengalami kendala, cobalah diskusikan dengan senior atau atasan dan segera perbaiki pekerjaan. Atasan memberikan tugas, bukan berarti dia ingin mempersulit kamu, tetapi dirimu sebagai salah satau karyawan yang dianggapnya mampu dan mempercayaimu.

  1. Inisiatif

Cobalah kamu lebih berinisiatif terhadap atasanmu yang galak. Misalnya, ketika kamu atau timmu kena omelan karena melakukan kesalahan, cobalah berinisiatif memberikan beberapa solusi untuk menyelesaikannya. Lebih baiknya lagi kalau kamu bisa menyelesaikannya. Dijamin atasan kamu tadinya marah-marah akan berubah menjadi lembut. Selain itu, kinerja kamu akan dilirik lho sama atasan.

  1. Selesaikan pekerjaan kamu sebelum waktunya

Berusahalah menyelesaikan pekerjaan kamu dengan cepat dari waktu yang telah ditentukan. Tetapi ingat kerjakan dengan sungguh-sungguh dan berikan hasil yang terbaik. Bisa jadi dengan usaha kamu demikian akan membuat bos kamu yang tadinya galak akan melihat keseriusan dalam dirimu.

  1. Saling menguatkan dengan sesama rekan kantor

Atasan galak tentunya tidak hanya diperlihatkan kepada mu saja, tentunya dengan rekan yang lain. Cobalah saling menguatkan dengan rekan sesama kantor agar tetap bertahan dan tentunya juga akan membuat kamu tidak merasa berjalan sendiri.

  1. Sabar

Tips yang terakhir adalah sabar. Memang sikap sabar itu sulit dilakukan apalagi menghadapi atasan yang galak. Jika atasanmu marah, jangan cepat terpancing emosi. Cobalah bersikap sabar dan tenang saat menghadapinya. Bagaimanapun juga, atasanmu itu adalah orang yang menilai kinerjamu, penilaian itu tentunya sangat berguna bagi keberlangsunganmu di perusahaan.

You might also like
Career, FEMALE & MOM

More Similar Posts

Menu