Yoga, Olahraga Cocok saat Berpuasa

Selama menjalankan ibadah puasa, banyak kaum muslimin ragu untuk melakukan kegiatan olahraga. Padahal olahraga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh selama berpuasa.

Ladies banyak lho jenis olahraga yang bisa kamu lakukan selama menjalankan ibadah puasa yaitu salah satunya Yoga. Gerakan Yoga yang lentur dapat membuat otot-otot kamu menjadi lebih rileks. Banyak sekali manfaat yang bisa kamu peroleh dari olahraga Yoga seperti menjaga berat badan, menurunkan tekanan darah, mengurangi sakit punggung, dan masih banyak lagi.

Nah apa saja sih gerakan atau pose Yoga yang bisa kamu lakukan saat menjalankan ibadah puasa dan tentunya tidak menggangu aktivitas puasa, serta jangan lupa didampingi dengan para ahli ya Ladies. Berikut infonya..

  • Lotus Pose (Padmasana)
istockphoto.com

Pose ini adalah gerakan dasar untuk memulai latihan Yoga dengan sikap duduk sila sederhana diatas matras , meletakkan tangan diatas lutut kemudian memejamkan mata agar lebih rileks. Manfaatnya yaitu akan memberikan efek rileks pada sistem saraf, membuat tubuh merasa lebih rileks sehingga dapat menenangkan pikiran dan dapat berkosentrasi, serta meningkatkan kelenturan pada area lutut, pinggul dan pergelangan kaki.

  • Downdog (Adho Mukha Svanasana)
yogainternational.com

Untuk mempermudah gerakan ini, awali dengan table pose, lalu angkat perlahan, naikkan sitting bone ke arah atas, posisi punggung lurus, posisi perut dorong ke arah paha dan kuatkan jari-jari ke arah matras. Manfaat dari pose ini adalah dapat merenggangkan area bahu, betis, tumit, tangan dan hamstrings; dapat melancarkan pencernaan, dan menenangkan pikiran jika sedang stress.

  • Plank
www.yogajournal.com
www.yogajournal.com
www.gaia.com
verywellfit.com

Pada saat melakukan pose ini, terkadang akan timbul rasa sakit pada pergelangan tangan, hal ini dikarenakan kita menitikberatkan seluruh berat badan kita di pergelangan tangan. Dengan melakukan gerakan atau pose ini dapat memperbaiki postur tubuh dan meringankan sakit punggung dikarenakan kurang gerak atau tidak pernah stretching.

  • Cobra (Bhujangsana)
yogainternational.com

Gerakan ini diawali dengan berbaring tengkurap diatas matras, letakkan kedua tangan disamping dada dan kepala menyentuh matras. Posisi kedua paha, panggul, dan kaki menempel di matras. Ketika inhale angkatlah dada keatas, putar bahu sehingga posisi bahu menjauh dari telinga, kemudian kedua telapak tangan menekan matras dan pastikan kedua kaki masih menempel pada matras. Tahan pose ini beberapa detik/nafas, kemudia turunkan kepala, dada dan bahu pelan-pelan. Pose ini baik untuk menguatkan tulang belakang, mengencangklan pantat, membuka daerah dada dan paru-paru, membantu melepaskan stress dan kelelahan.

  • Forward Fold Pose
www.yoganatomy.com

Pose atau gerakan ini sangat umum dilakukan dan tujuannya untuk melatih dan menjaga kelenturan tubuh. Kaki lurus sejajar dan perlahan bawa tubuh hingga mendekati lulut, jika memungkinkan, cium lutut. Luruskan kedua tangan memegang telapak kaki. Pose ini melatih peregangan otot dan memberi relaksasi pada pinggang, hamstring, pinggul dan bahu.

 

Sebenarnya banyak sekali gerakan Yoga yang bisa kamu lakukan. Namun info pose Yoga di atas merupakan Pose sederhana yang bisa kamu lakukan saat menjalankan ibadah puasa. Selamat mencoba!!

You might also like
FEMALE & MOM, Healthy

More Similar Posts

Menu