Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Cara Aman Menjaga Kebersihan Tangan

Dengan semakin cepatnya penyebaran virus Corona, kita wajib menjaga kebersihan badan, khususnya kebersihan tangan kita. Karena tangan yang terjaga kebersihannya akan melindungi tubuh kita dari penyakit yang disebabkan oleh kuman, bakteri ataupun virus.

Bagaimana sih cara agar tangan kita selalu bersih? Yuk simak penjelasan di bawah ini ya.

Mengunakan Sabun Untuk Mencuci Tangan VS Pembersih Tangan   

WHO telah menekankan bahwa mencuci tangan dengan sabun dan air jauh selama kurang lebih 20 detik akan lebih efektif untuk membunuh kuman, virus dan bakteri dibandingkan dengan menggunakan pembersih tangan. Hal ini disebabkan karena kandungan sabun dapat membuang partikel-partikel kotoran dan bakteri dari kulit dan air akan membantu membilas sisa-sisa dari kotoran, bakteri, virus yang menempel di kulit kita.

Menggunakan pembersih tangan memang praktis dan mudah digunakan. Dalam keadaan tertentu yang membuat Anda perlu menggunakan pembersih tangan, berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakannya:

  • Tempatkan pembersih di tangan Anda dan gosokkan
  • Gosok dan basuh semua permukaan tangan Anda sampai terasa kering
  • Pilih pembersih tangan yang memiliki kandungan alkohol setidaknya mengandung 60 persen alkohol

Beberapa pembersih tangan memiliki kandungan senyawa triclosan, yaitu bahan kimia yang digunakan sebagai antibakteri yang juga ditemukan dalam kandungan sabun antibakteri, pasta gigi berfluoride, dan beberapa produk kosmetik.

Menurut penelitian senyawa Triclosan ini dapat mengurangi kadar hormon tiroid yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Oleh karena itu, ada baiknya para ibu hamil mengkonsultasikan dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan pembersih tangan, 

Amankah Pembersih Tangan Untuk Bayi dan Anak-anak?

Perlu diketahui bahwa, meskipun penggunaan pembersih tangan tidak bermasalah bagi kebanyakan orang dewasa, namun pembersih tangan yang mengandung alkohol tidak dapat dikatakan aman untuk digunakan kepada bayi dan anak-anak.

Untuk keperluan darurat, Anda dapat memilih tisu basah antibakteri atau pembersih tangan yang tidak mengandung alkohol untuk membersihkan tangan anak Anda dari kotoran, kuman, bakteri dan virus. Meskipun pembersih tangan non alkohol ini memang tidak seefektif yang memiliki kandungan alkohol, namun lebih aman digunakan untuk bayi dan anak-anak. Tetap yang utama adalah dengan mencuci tangan secara teratur.

Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan pembersih tangan untuk anak dengan aman:

  • Selalu awasi anak-anak ketika mereka menggunakan pembersih tangan.
  • Gunakan dalam jumlah yang tertera di petunjuk (tuang/semprot pembersih tangan dalam jumlah sedikit)
  • Ajari anak Anda untuk menggosok tangan mereka secara menyeluruh dan seksama sampai pembersih tangan menyerap. Untuk anak usia Balita, Anda bisa bantu menggosok tangan mereka. 
  • Simpan pembersih tangan di tempat yang bersih, tertutup dan jauh dari jangkauan anak.

Yuk teman-teman pada masa pandemi ini, selalu ingat untuk menjaga kebersihan tangan dan diri kita ya.

Tetap pastikan untuk mencuci tangan secara teratur dan apabila diperlukan, pilihlah jenis pembersih tangan yang tepat untuk kebutuhan Anda, keluarga termasuk untuk si kecil.

You might also like

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Menu