Tidak ada komentar

Perbedaan Laksa Medan, Singapura, dan Penang

Jika Anda merupakan pecinta kuliner, tentu sudah tak asing dengan hidangan laksa bukan? Laksa merupakan hidangan sejenis mie yang diberi kuah dengan bumbu khas. Laksa merupakan hidangan hasil percampuran budaya Tionghoa dan Melayu.

Di beberapa negara Asia terdapat makanan khas berupa laksa. Termasuk Indonesia, Singapura, dan Malaysia. Bahkan di Indonesia sendiri ada beberapa jenis laksa yang terkenal yaitu laksa Medan, laksa Betawi, dan lainnya. Meskipun memiliki nama yang sama, namun masing-masing jenis laksa tersebut memiliki perbedaan dan ciri khas tersendiri. Dalam artikel kali ini akan dibahas perbedaan laksa Medan, Singapura, dan Penang Malaysia.

Perbedaan Laksa Medan, Singapura dan Penang

Laksa Medan

Bagi para pecinta kuliner nasional, laksa Medan merupakan sajian kuliner yang tidak boleh dilewatkan. Laksa Medan memiliki ciri khas tersendiri yaitu kuah laksa Medan menggunakan kaldu ikan kembung merah. Hal ini tentu berbeda dengan jenis laksa lainnya yang menggunakan santan sebagai kuahnya. Selain itu, mie yang digunakan dalam laksa Medan merupakan mie tebal yang berbeda dengan laksa lainnya. Laksa Medan terasa sangat segar dengan penambahan asam gelugur, mentimun, dan juga seafood sebagai isiannya.

Laksa Singapura

Jika Anda pernah berkunjung ke Singapura tentu sudah tak asing dengan sajian kuliner laksa Singapura atau Mie Laksa Katong. Laksa Singapura dan laksa Medan tentu memiliki cita rasa yang berbeda. Hal ini dikarenakan bumbu serta isian yang digunakan juga berbeda. Laksa Singapura menggunakan isian berupa udang, fish cake, dan daun kesum. Daun kesum memberikan bau dan cita rasa yang khas pada laksa Singapura. Selain itu, laksa Singapura juga memiliki citarasa ebi yang lebih kuat dibandingkan jenis laksa lainnya. 

Laksa Penang Malaysia

Di Malaysia juga terdapat sajian kuliner laksa. Laksa Malaysia yang terkenal adalah asam laksa Penang. Ciri khas dari laksa Penang adalah kuah yang segar dengan tambahan asam Jawa dan tanpa menggunakan santan. Laksa Penang memiliki kuah agak kemerahan seperti bumbu kacang. Rasa kuah dari laksa Penang hampir sama seperti kuah Tom Yam, hanya saja rasanya lebih ringan.

You might also like

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Menu