Tidak ada komentar

Perbedaan Rendang Khas Indonesia dan Rendang Malaysia

Siapa yang tak kenal masakan khas Indonesia dari wilayah Sumatera Barat bernama rendang. Selain dikenal oleh masyarakat Indonesia, masakan khas Minangkabau ini juga turut dikenal oleh dunia. Salah satu negara yang juga turut memperkenalkan dan menyebarluaskan masakan ini adalah Malaysia. Temukan perbedaan rendang Indonesia dan Malaysia di bawah ini. 

Perbedaan Rendang Indonesia dan Malaysia

Layaknya masakan tradisional lainnya, rendang juga memiliki ciri khas tersendiri dalam pengolahannya. Makanan ini diolah dari daging dan santan yang dibiarkan mengering dalam waktu yang lama. Selain itu, sebagai masakan yang kaya akan rempah, rendang sangat cocok dinikmati dengan nasi putih. Selain Indonesia, rendang juga marak dikonsumsi oleh masyarakat Malaysia. Berikut perbedaan rendang Indonesia dan Malaysia.

1. Tekstur 

Sebagai masakan yang berasal dari hasil olahan daging, rendang Indonesia dikenal memiliki serat daging yang tebal dan berminyak. Hal ini berlawanan dengan tekstur rendang Malaysia yang lebih empuk dan kering. Lapisan luar daging rendang Malaysia menjadi lebih mirip dengan empal Jawa dengan versi kuah yang kental.

2. Bahan Campuran

Di Indonesia, waktu yang dibutuhkan untuk memasak rendang terbilang cukup lama hingga 4 jam lamanya karena rendang yang dimasak harus dibiarkan hingga kering dan mengental. Sedangkan di Malaysia, rendang diolah menggunakan sejenis kelapa parut yang telah disangrai bernama kerisik untuk membuat kuahnya mengental dengan cepat. 

3. Cita Rasa Masakan

Pada rendang Malaysia, pengolahan rendang menggunakan gula Jawa sebagai pemanis masakannya. Menurut masyarakat Malaysia, gula pada masakan penting perannya guna menyeimbangkan rasa pedas dan asam yang kuat terutama dari rendang. Hal ini tentunya berbeda dengan kekhasan rendang Indonesia yang notabene bercita rasa pedas dan gurih yang merupakan hasil campuran dari bawang merah, cabai merah, bawang putih, kunyit, serai, daun kunyit, jahe, dan lengkuas. 

Itulah perbedaan rendang Indonesia dan Malaysia yang dapat Anda ketahui. Sebagai masakan bersantan, rendang tetap dapat bertahan lama dikarenakan adanya kandungan rempah-rempah yang beragam. Aneka rempah tersebut juga berkhasiat untuk mengusir bakteri yang dapat menyebabkan makanan menjadi busuk. Semoga bermanfaat.

You might also like

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Menu