Menelusuri Bukit Karst Wayag di Raja Ampat

Nama Raja Ampat, tentu tak asing bagi pecinta traveling. Kabupaten di Papua Barat ini bahkan dijuluki kepingan surga yang tercecer di bumi oleh sebagian orang. Destinasi wisata ini, bahkan namanya mendunia karena terkenal keindahan alamnya. Bukan hanya di darat, tapi juga dasar lautnya.

Kali ini, traveler akan diajak menelusuri gugusan kepulauan Wayag yang terletak di sisi paling Utara dari pulau-pulau besar di Raja Ampat. Ada empat pulau besar yang menjadi pusat kegiatan masyarakat di Kabupaten Raja Ampat. Keempat pulau ini adalah Misool, Salawati, Batanta, dan Waigeo.

Untuk menuju ke Wayag, traveler harus menyiapkan diri karena untuk menuju ke gugusan kepulauan karang ini cukup jauh. Setidaknya perjalanan bisa ditempuh sekitar enam hingga tujuh jam dari Kota Waisai Pulau Waigeo dengan menggunakan kapal cepat atau speedboat. Biasanya para pemandu wisata di Waisai menawarkan jasa penyewaan kapal cepat berkapasitas delapan hingga 10 orang dengan harga berkisar Rp 3 juta hingga Rp 4 juta perhari.

Ada baiknya traveler berangkat dinihari atau sebelum matahari terbit, agar dapat mendaki bukit karst dan menikmati pemandangan indah di Wayag. Atau dapat juga menginap di sekitar lokasi kepulauan, yakni di International Conservation.

Setiba di kepulauan Wayag, perjuangan traveler belum usai. Untuk bisa menikmati pemandangan indah, kita harus mendaki bukit karang. Waktu tempuh berkisar tiga puluh menit hingga satu jam. Ini tergantung dari stamina dan kemampuan mendaki dari traveler.

Tapi lelah akan terbayar lunas, saat menjejakan kaki di puncak bukit karst. Pemandangan jajaran kepulauan karang di atas laut dengan variasi warna biru dan hijau tosca akan memanjakan mata serta melupakan penat setelah mendaki.

Sebenarnya ada alternatif lain jika tidak ingin menginap di resort atau jauh-jauh menempuh perjalanan dari Waisai, caranya adalah liveaboard atau tinggal di kapal pesiar. Banyak pemandu wisata di Sorong Papua Barat yang menawarkan paket kapal pesiar bertiang layar ini kepada para pelancong. Jadi traveler tinggal menikmati semilir angin laut di anjungan kapal, dan diantar ke lokasi wisata yang tertera sesuai paket yang dipilih.

Kawasan Wayag ini merupakan kawasan indah yang memadukan pemandangan alam di atas permukaan laut dengan keindahan bawah lautnya. Jika traveler menyukai kegiatan snorkling, kawasan laut di sini lah yang tepat untuk memanjakan anda.

Sejumlah spesies ikan karang akan mudah dijumpai, belum lagi taman karang laut yang masih asri membentang menghiasi pelataran laut di perairan Wayag. Jika traveler beruntung, anda akan berjumpa dengan Wobegong atau hiu karang yang menjadi ikan endemik Raja Ampat, atau sekedar bercengkarama dengan clown fish  yang bersembunyi di balik karang.

Yang perlu diingat, jika ingin melakukan kegiatan snorkeling  di lokasi kepulauan Wayag, traveler harus menyiapkan peralatan seperti masker, snorkel serta fin sendiri sejak berangkat. Atau bisa juga menyewa ke operator snorkeling di Kota Waisai.

Bagaimana? Sudah siap menjelajah Kepulauan Wayag Raja Ampat?

Tapi sebelum menjelajah, traveler perlu mengingat  untuk tidak membuang sampah, dan menyentuh apa pun di dasar laut ya.

You might also like
Lifestyle, Traveler

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Menu