Yuk, Jalan-Jalan ke Kawasan Muslim di Inggris

Di Kota Birmingham, Inggris ternyata memiliki satu kawasan Muslim. Di sana banyak ditemui makanan halal, supermarket yang menjual produk berlabel halal, dan masih banyak lagi.

Inggris, United Kingdom terkenal dengan bangunan-bangunan tua bersejarah dengan gaya Victorian. Dinding-dinding bangunan terbuat dari redbrick yang menjadi ciri khas Negeri Ratu Elizabeth tersebut.

Pada kesempatan ini Fikkaa.com bercerita tentang Birmingham, salah satu kota besar di Inggris. Sebagai kota besar tentu Birmingham memiliki keberagaman budaya, etnis serta kepercayaan.

Karena keberagaman tersebut maka kita bisa menemui banyak kebudayaan di sana. Salah satunya ada sebuah kawasan Muslim di Birmingham tepatnya di Coventry Road, Small Heath. Berjarak kurang lebih 2,5 kilometer dari pusat kota Birmingham.

Suasana berbeda dibanding atmosphere Birmingham pada umumnya sangat terasa di Small Heath ini. Sejauh mata memandang tak banyak ditemukan warga keturunan Inggris, melainkan Pakistan, Bangladesh, Srilanka, Arab, Afrika dan warga dari negara muslim lainnya.

Salah seorang warga negara Inggris keturunan Pakistan, Zarria berbagi sedikit cerita. Ia lahir dan besar di Small Heath. Bersama orangtua dan keluarga besarnya, Zarria sudah lama tinggal di kawasan tersebut. Namun tidak bisa dipastikan sejak kapan awal pertama keluarga besarnya pindah dari Pakistan ke Birmingham.

“Sejak kapan orangtua saya tinggal di sana, saya tidak tahu pasti. Yang jelas kedua orangtua bahkan kakek-nenek juga mertua saya sudah lama tinggal di Small Heath. Tempat yang begitu nyaman untuk para muslim di Birmingham,” ujar Zarria.

Zarria merasa selama Ia tinggal di sana Small Heath sudah seperti kampung halamannya yaitu Pakistan. Hal itu dirasakan pula oleh keluarga besar ibu dari Zayd tersebut.

Ia pun tak segan mempromosikan beberapa toko halal yang bisa didatangi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari butchers atau toko penjual daging sapi dan ayam halal yang jumlahnya cukup banyak. Tinggal pilih dan membandingkan harganya saja.

Juga ada supermarket yang menjual berbagai bahan makanan halal, seperti Al Halal dan Hassan Brothers.

Layaknya supermarket pada umumnya, berbagai bahan kebutuhan sehari-hari bisa ditemukan di sini, tapi bedanya dilengkapi jaminan halal terhadap sejumlah produk yang dijual. Jaminan halal yang dikeluarkan oleh Halal Monitoring Committee (HMC)-UK.

Tak hanya urusan kebutuhan dapur, Small Heath juga memiliki berbagai restoran, café, dan ice cream outlet halal. Resto yang ada menyajikan Arabian food dengan kambing sebagai menu utama, hingga fast food khas Eropa.

Tak jauh dari restauran, kita bisa menemukan café yang menjual makanan penutup yaitu ice cream dan cake. Tentunya semua halal. Jadi untuk Muslim yang berkunjung ke sini tidak perlu khawatir akan makanan yang dikonsumi karena semua berlabel halal.

 Masjid Megah di Small Heath

Small Heath sebagai kawasan Muslim tak lengkap rasanya tanpa adanya masjid. Small Heath memiliki masjid raya yaitu Green Lane Masjid yang beralamat di 20 Green Lane, Birmingham B9 5DB.

Masjid ini pun punya cerita menarik sebelum akhirnya difungsikan sebagai masjid loh. Pada Green Lane merupakan perpustakaan umum dan mulai digunakan pada tahun 1894.

Bangunan tersebut dirancang oleh arsitek John Henry Chamberlain, William Martin, dan Frederick Martin. Mereka terkenal sebagai arsitek yang mempopulerkan bangunan bergaya Victorian di Birmingham, Inggris.

Bangunan perpustakaan tersebut dibeli seharga £24.000 ketika itu (saat ini setara Rp 432 juta) oleh Markazi Jamiat Ahle-Hadith UK untuk digunakan sebagai masjid pada tahun 1979.

Masjid bergaya khas Victorian ini mampu menampung hingga 3.500 jamaah (termasuk wanita). Saat sholat Jumat, jamaah perempuan bisa ikut serta. Untuk jamaah perempuan yang lanjut usia maupun yang tidak mampu berdiri panitia sholat Jumat menyediakan kursi yang disusun rapi di luar area jamaah perempuan serta dilengkapi monitor layar lebar untuk menyaksikan khutbah.

Green Lane Masjid memiliki berbagai program dalam kegiatan keagamaannya, mulai dari charity hingga pelaksanaan ibadah sholat Idul Fitri. Untuk yang terakhir, Green Lane Masjid masuk dalam daftar finalis penerima penghargaan British Muslim Awards 2018 kategori Event of The Year.

You might also like
Lifestyle, Traveler

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Menu