Kamu Harus Tahu, Ini yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Kurang Tidur

Hai ladies, tidur memang kebutuhan yang sangat penting bagi tubuh untuk mengembalikan energi yang telah terkuras karena aktifitas sehari-hari. Apalagi bagi kalian yang bekerja di luar ruangan. Pernah nggak sih merasa mood kamu tiba-tiba naik turun? Bisa jadi juga karena waktu tidur kamu tidak berkualitas. Ladies kamu harus tahu, hal apa saja yang terjadi jika tubuh kamu kurang tidur.

  1. Jadi Mudah Sakit

Kurang tidur akan menyebabkan sistem imun tubuh menurun. Oleh karena itu badan kamu akan mudah jatuh sakit.

  1. Tidur Jadi Tidak Teratur

Secara umum manusia membutuhkan waktu tidur yang berkualitas kurang lebih 7-8 jam setiap hari. Apabila kamu terbiasa tidur kurang dari 8 jam sehari maka akan membiasakan tubuh kamu beristirahat tidak teratur.

  1. Gampang Lupa dan Tidak Fokus

Pernah nggak tiba-tiba kamu tidak fokus saat rapat penting dan rasanya ngantuk terus. Nah ini akibat kamu kurang tidur. Kurang tidur akan mempengaruhi daya ingat dan kemampuan menyerap informasi. Hasil penelitian memaparkan bahwa jam tidur punya peranan penting dalam proses menyimpan dan mengolah informasi dalam otak.

  1. Gampang Lapar dan Tidak Bisa Berhenti Ngemil

Menurut studi dari Dr. Erin Hanlon, seorang pakar metabolisme dari University of Chicago, Amerika Serikat  reaksi otak yang muncul jika kurang tidur mirip seperti orang yang mengonsumsi ganja. Zat kimia dari ganja akan mengaktifkan endocannabinoid dan melepaskan hormon ghrelin. Akibatnya, nafsu makan melonjak meskipun kebutuhan gizi sudah tercukupi. Oleh karena itu jangan kaget tiba-tiba berat badan kamu naik.

  1. Memicu Stroke dan Serangan Jantung

Kurang tidur akan mengganggu kesehatan jantung. Hal ini karena aliran darah menuju otak menjadi terhambat yang pada akhirnya memicu terjadinya stroke atau serangan jantung mendadak.

  1. Mempengaruhi Kualitas Sperma dan Ovulasi Terganggu

Kurang waktu istirahat menunjukkan berkurangnya sel produksi sperma pada laki-laki hal ini karena kinerja hormon testoteron terganggu. Selain itu, kurang tidur akan menurunkan level leptin,hormon yang berpengaruh pada nafsu makan yang dapat mempengaruhi ovulasi. selain itu juga mengakibatkan siklus haid yang tidak teratur.

Nah ladies, walaupun terlihat sedikit sepele. Kurang tidur sangat berbahaya sekali bagi kesehatan sehingga dapat menimbulkan berbagai penyakit. Nah lebih baik mencegah dari pada mengobati.

You might also like
Lifestyle

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Menu