Tips Menghadapi Si Kecil Agar Tidak Mudah Marah

Marah merupakan salah satu bentuk emosi jiwa yang dimiliki setiap orang. Tidak hanya orang dewasa, anak kecil pun juga bisa. Sangat merepotkan ya Bunda jika si kecil tiba-tiba marah atau ngambek baik itu dirumah ataupun ditempat umum. Untuk mengatasinya jangan si kecil tiba-tiba dimarahi atau dikasih hukuman. Itu sangat berbahaya sekali dalam perkembangan psikologisnya nanti. Lantas bagaimana cara menghadapinya dengan benar. Berikut Fikkaa.com kasih tipsnya

  1. Mengetahui Penyebab Si Kecil Marah

Hal pertama yang harus Bunda lakukan jika si kecil marah atau ngambek adalah mengetahui penyebabnya. Tanyakan pada si kecil apa yang membuat si kecil marah. Bisa jadi si kecil memiliki permasalahan dengan teman sekelasnya, lingkungannya, atau menginginkan sesuatu tetapi tidak bisa mengungkapkan. Lantas jangan tiba-tiba Bunda menghakimi atau memarahi si kecil sebelum menemukan penyebabnya.

  1. Orang Tua Harus Tegas dan Berikan Penjelasan yang logis

Pernah tidak Bunda mengalami tiba-tiba si kecil merengek meminta sesuatu sampai menangis berguling-guling? Nah ini saatnya Bunda harus tegas dan berikan penjelasan yang logis. Bunda jangan hanya mengatakan “Tidak” untuk melarang si Kecil tetapi berikan alasan yang logis apabila membahayakan dirinya dengan bahasa yang dapat dimengerti si kecil.

  1. Membangun Komunikasi yang Hangat dengan Si Kecil

Sebagai orang tua yang baik membangun komunikasi dengan anak itu sangat penting sekali. karena akan berpengaruh pada kondisi psikologis kedepannya. Hal ini bisa dibangun dengan mendengarkan keluhan atau curhatan si kecil dan tentunya dengan pendekatan kasih sayang.

  1. Hindarkan dari Tontonana dan Bacaan Kekerasan

Salah satu alasan kenapa si anak mudah marah dan ngambek adalah karena terkena paparan bacaan atau tontonan yang berbau kekerasan. Anak mudah sekali meniru hal-hal yang ada disekitarnya ya Bunda dan ini dapat mengganggu psikologisnya. Oleh karena itu, hindarkan si anak dari bacaan atau tontonan yang mengandung unsur kekerasan.

 

Nah itu tadi tips menghadapi si kecil agar tidak mudah marah. Semoga bermanfaat ya Bunda….

You might also like
Female & Mom, Kids

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.

Menu